Temu Akrab Warga IT Muhammadiyah 2011


Site source http://muhammadiyahdiy.or.id
Original URL http://muhammadiyahdiy.or.id/berita/baca/34/temu_akrab_warga_it_muhammadiyah_2011
Published Sabtu, 12 2011

Teknologi informasi yang berkembang saat ini memungkinkan untuk melakukan sebuah kerja-kerja perubahan. Demikianlah, segala perubahan di penjuru dunia ini tidak lepas dari adanya perkembangan teknologi informasi. Seperti halnya perubahan politik dan sosial di beberapa negara akhir-akhir ini, adanya campur tangan dari teknologi informasi.

Tidak bisa dipungkiri, teknologi ini begitu menyusup dan merembes ke segala lapisan masyarakat. Dan perkembangan teknologi informasi ini juga mempengaruhi perilaku dan pola hubungan berkomunikasi antarmasyarakat. Seolah ada sebagian dari masyarakat kita ini membentuk masyarakat sendiri di dunia teknologi informasi ini. Demikianlah, dunia Media Sosial (SocMed) digital terbentuk.

Untuk itulah bertempat di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Jl. Singosari No. 33 Semarang berlangsung temu akrab warga IT Muhammadiyah 2011, Sabtu (12/11). Pertemuan bertajuk “Meretas Jalan Baru Khoiru Ummah” itu, merupakan ajang silaturahim penggiat IT dan jejaring sosial Muhammadiyah.

Selain ajang silaturahim bagi penggiat IT Muhammadiyah, kegiatan itu merupakan penggalian ide-ide kreatif, inovatif, dan solutif di bidang IT sebagai perwujudan khoiru ummah.

Menurut ketua panitia Adi Sucipto, ketika masyarakat sudah bergantung dengan dunia maya, maka segala informasi dan perilaku juga disesuaikan dengan pendekatan pola digital. “Sehingga menjadi sebuah tantangan bagi lembaga atau organisasi dakwah untuk mulai berpikir dengan dunia ini,” jelasnya.

Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah menanggapi positif dilaksanakannya kegiatan tersebut. Menurut Sekretaris MPI PP Muhammadiyah, Iwan Setiawan, menapaki abad kedua perjalanan Persyarikatan Muhammadiyah, gerakan dakwah dan manajemen organisasi tentunya semakin bervariasi dan beragam cara serta bentuk, secara khusus dalam bidang IT.

“Kami mengharapkan pertemuan itu dapat menjadi salah satu sub sistem dari Persyarikatan Muhammadiyah dalam hal pemberdayaan IT dan kader persyarikatan dalam menapaki perjalanan di era digital ke depan,” tandas Iwan Setiawan.

Pengelolaan isu publik menjadi penting. Demikian juga untuk menyebarkan secara luas sebuah informasi. Maka perlu strategi dalam pengelolaan informasi ini dan harus menjadi kepentingan bersama untuk mewujudkannya. Dan forum temu akrab warga IT Muhammadiyah 2011 ini diharapkan mampu untuk menjawab kondisi ini dengan menghadirkan teknologi informasi dalam genggaman untuk menjawab perubahan perilaku di dalam media sosial, baik itu pengetahuan agama maupun informasi organisasi. Sehingga gerak dakwah modernis ini tetap akan sesuai dengan zamannya dan bisa membaca perilaku mutakhir dari masyarakat.

Tujuan dari kegiatan ini – yang berakhir pada Ahad sore, 13 Nopember 2011 – adalah menyediakan forum silaturahmi dan diskusi komunitas IT Muhammadiyah serta menggali ide-ide kreatif, inovatif, dan solutif di bidang IT sebagai perwujudan khoiru ummah.

Juga untuk penyampaian ide-ide kreatif dan inovatif dari warga Muhammadiyah dengan tema-tema yang menarik dan sedang hangat di antaranya aplikasi database tarjih multi platform, pemanfaatan jejaring sosial, komunitas Muhammadiyah dan teknologi, aplikasi tata usaha organisasi, radio dan TV streaming. (affan)